Senin, 08 Agustus 2011

MANFAAT DARI IBADAH DI BULAN PUASA.


Setelah sepuluh hari lebih kita melewati hari kemenangan ada yang tersirat dalam hati sanubari, banyak pelajaran yang kita ambil dalam menjalankan ibadah di bulan puasa salah satunya melatih kesabaran, tentu saja apa yang kita dapatkan selama menjalankan ibadah puasa akan menjadi tuntunan dalam menjalani kehidupan insan yang beriman.

Jika kita mengkaji lebih dalam tentang kehidupan maka banyak kita temukan persoalan-persoalan yang membutuhkan kesabaran dalam pemecahannya, disinilah letak fungsi ibadah puasa bagi umat yang menjalankannya, karena dalam berpuasa kita dilatih untuk lebih bersabar dan banyak menahan diri, sehingga ibadah puasa secara tidak langsung akan membimbing umat menjadi insan yang memiliki keikhlasan dan tingkat kesabaran yang tinggi.

Manfaat ibadah di bulan puasa mungkin sangat banyak sekali, namun yang paling menyentuh sisi kehidupan umat adalah melatih kesabaran, setahun sekali umat yang beriman menjalani pelatihan kesabaran mungkin inilah tujuan dari ibadah puasa agar kita selalu diingatkan untuk bersabar dalam menjalani kehidupan dengan berbagai persoalan yang akan dihadapi.

Puasa sendiri memiliki arti menahan diri dari segala macam godaan baik fisik maupun mental, dibulan tersebut kita akan diberikan berbagai ujian yang yang sangat berat dengan beberapa ketentuan yang selama ini diperbolehkan melakukannya dibulan-bulan lain maka pada bulan puasa ada hal-hal yang tidak diperbolehkan melakukannya. Seperti makan, minum dan berhubungan suami istri disiang hari pada bulan puasa diharamkan hukumnya.

Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh bagi umat yang beriman sangat diharapkan sungguh-sungguh menjalankannya, karena hanya dengan cara seperti inilah kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang berharga dari puasa yang kita jalankan, jika tidak maka puasa yang kita jalankan akan sia-sia dan kita tidak mendapatkan apa-apa.
Ibadah di bulan puasa yang kita jalankan mempunyai makna ibadah yang sangat mendalam bagi yang menjalankannya, dan sesuai janji Allah SWT kepada umat yang menjalankan ibadah puasa dibulan ramadhan, pahala yang diberikan berlipat ganda dari ibadah dibulan-bulan lainnya tentu saja ini menjadi bonus yang bernilai tinggi bagi umat yang sungguh-sungguh beribadah pada bulan itu.

Limpahan rahmat dan pahala dibulan puasa sungguh luar biasa inilah manfaat lain dari bulan puasa, secara kasat mata kita dapat melihat seluruh umat bergembira menyambut kedatangan bulan tersebut, dengan antusias mereka menyambut datangnya bulan suci dengan caranya masing-masing. Inilah pemandangan yang indah yang selalu dapat kita nikmati setiap menyambut bulan suci.

Dan pada bulan itu umat manusia berlomba-lomba mencari pahala dan limpahan rahmat dengan bersungguh-sungguh menjalankan ibadah dibulan tersebut untuk mencapai keridhoan Allah dan mendapatkan kemenangan diakhir bulan ramadhan.

Mudah-mudahan tradisi ini akan terus berlanjut sehingga seluruh umat memperoleh kegembiraan dihari-hari mendatang dan sampai bertemu kembali dibulan yang suci yang akan datang, Insya Allah…

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More