Minggu, 21 Agustus 2011

Israel Bersiap Penuh Hadapi Aksi Massa Palestina September Mendatang



Pasukan keamanan Israel telah mengimpor kuda, meriam air, peluncur gas air mata dan mesin kebisingan untuk mengontrol kerumunan massa jika aksi protes mereka menjadi kekerasan di Palestina yang direncanakan bulan September untuk mendukung tawaran mereka atas pengakuan kenegaraan PBB. Israel berharap langkah-langkah yang mereka ambil akan menghindari korban di kalangan demonstran.

Otoritas Palestina sendiri telah menyusun rencana yang bertujuan untuk menjaga aksi protes damai dan menghindari konfrontasi dengan Israel. Israel mengkhawatirkan bahwa satu insiden - yang terbunuhnya seorang polisi Israel oleh warga Palestina dengan bom atau tembakan, atau seorang tentara Israel membunuh seorang Palestina selama kerusuhan - bisa memicu banjir kekerasan saat kerumunan besar massa melakukan aksi protes.

Palestina merencanakan demonstrasi massal di seluruh Tepi Barat dan luar negeri bertepatan dengan sidang Majelis Umum PBB September mendatang, di mana Palestina mengharapkan akan mendapat dukungan resmi untuk negara mereka.

Polisi Israel telah melipat gandakan pasukan anti huru hara mereka menjadi lebih dari 2.000 orang, menurut sebuah buletin internal polisi yang diperoleh oleh Associated Press.

"Polisi berharap untuk menghindari korban dalam peristiwa pengesahan PBB atas kemerdekaan Palestina," tulis Nissim Mor, komandan cabang operasi polisi tulisnya dalam newsletter. (eramuslim/fq/ap/din)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More